Monday, October 9, 2017

SEGMENTASI PASAR DALAM MANAJEMEN PEMASARAN

Segmentasi Pasar 

Menurut Solomon serta Elnora (2003 : 221), segmentasi yaitu ”The process of dividing a larger market into smaller pieces based on one or more meaningful, shared characteristic”. Dengan melakukan segmentasi pasar, aktivitas pemasaran dapat dikerjakan lebih teukur. Selain itu sumber data yang dipunyai perusahaan bisa dipakai dengan lebih efisien dan efketrif dalam rencana pemberian kenikmatan untuk koonsumen. Diluar itu perusahaan bisa lakukan program-program pemasaran yang terpisah untuk penuhi keperluan ciri khas tiap segmen.
Segmentasi yaitu usaha pembagian pasar, saluran, atau pelanggan kedalam beragam grup dengan keperluan yang berlainan. Untuk penuhi keperluan itu dapat dikerjakan dengan lebih pas lewat pembagian tujuan.
Pasar jadi makin tersegmentasi karna tehnik produksi masal yang fleksibel sangat mungkin penuhi keperluan dengan lebih ekonomis, serta grup customer sebagai tujuan media terspesialisasi dengan lebih ketat.
Segmentasi pasar dapat juga disimpulkan jadi langkah pengelompokkan satu pasar (pelanggan) kedalam beberapa grup yang lebih kecil. Ini bukanlah suatu hal yang dengan sewenang-wenang dibebankan pada orang-orang. Segmentasi pasar didapat dari pengenalan kalau pasar keseluruhan seringkali terbagi dalam subpasar (yang dimaksud “segmen”).

Terdapat banyak variabel segmentasi yakni : 

1. Demografis 

Segmentasi ini dikerjakan dengan membagi pasar kedalam beberapa grup berdasar pada variabel demografis sepert : Umur, type kelamin, besarnya keluarga, pendapatan, ras, pendidikan, pekerjaan, geografis. 

2. Psikografis 

Segmentasi ini dikerjakan dengan membagi pasar kedalam beberapa grup yang berbeda menurut kelas sosial, pola hidup, kepribadian, dan sebagainya. Info demografis begitu bermanfaat, namun tidak selamanya sediakan info yang cukup untuk membagi customer kedalam segmen-segmen, hingga dibutuhkan segmen berdasar pada psychografis untuk lebih mengerti karakter customer. 

3. Perilaku 

Segmentasi ini dikerjakan dengan membagi customer kedalam segmen-segmen berdasar pada bagaimana perilaku, perasaan, serta langkah customer memakai barang/kondisi penggunaan, serta kesetiaan merk. Langkah untuk buat segmen ini yakni dengan membagi pasar kedalam pemakai serta non-pengguna product. 

Karakter Segmentasi Pasar 

Measureable 
Accessible 
Substantial 
Differentiable 
Actionable 
Demikian penjelasan kami tentang Kiat Pemasaran, mudah-mudahan memberi banyak pikiran pada kita semuanya.

No comments:

Post a Comment