Thursday, November 16, 2017

Mengapa Manajemen Dalam Bisnis Penting ?

Pentingnya Manajemen Dalam Bisnis
Pada dasarnya setiap usaha baik dalam skala kecil sekalipun memerlukan adanya manajemen. Manajemen dalam bisnis merupakan sesuatu yang penting. Penerapan manajemen dalam bisnis dapat diterapkan pada berbagai aktivitas seperti produksi, quality control, distribusi, hingga pemasaran. Manajemen dalam bisnis yang buruk akan membuat usaha yang dijalankan akan mengalami kemunduran.
Fungsi manajemen dalam bisnis yang dapat diterapkan meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan. Apabila fungsi manajemen dalam bisnis ini dapat diterapkan dengan baik maka usaha atau bisnis skala kecil sekalipun akan sedikit demi sedikit berkembang.
Bagi pengusaha pemula atau yang baru (start up) memulai usaha harus dipastikan menerapkan segala fungsi manajemen. Penerapan manajemen dalam bisnis ini bertujuan untuk mencapai tujuan usaha dengan efektif dan efisien serta mengantisipasi dan menghindari kendala-kendala yang akan dihadapi di kemudian hari
Macam-Macam Konsentrasi Manajemen Dalam Bisnis
Penerapan MANAJEMEN dalam bisnis selain melaksanakan fungsi-fungsi yang ada juga harus memahami cabang konsentrasi manajemen. Terdapat beberapa cabang manajemen dalam bisnis yang harus diketahui diantaranya manajemen produksi, manajemen logistik, manajemen distribusi, manajemen pemasaran, manajemen personalia, dll. Penerapan tiap cabang tersebut akan berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.
Setiap cabang manajemen dalam bisnis tersebut akan saling berkaitan dan mendukung satu sama lain. Manajemen produksi fokus pada pengelolaan proses produksi baik barang maupun jasa mulai dari pengelolaan suplier, bahan baku, hingga hasil produk jadi. Manajemen logistik mengatur ketersediaan produk yang akan dipasarkan. Manajemen dstribusi dan pemasaran mengatur distribusi produk yang diperdagangkan hingga ke tangan konsumen dan mengelola konsumen. Sedangkan manajemen personalia adalah manajemen yang mengelola sumber daya manusia yang berkecimpung di dalam bisnis.
Tanpa adanya manajemen dalam bisnis maka suatu usaha mustahil akan berkembang bahkan mustahil apabila usaha tersebut dapat bertahan dari berbagai terpaan yang dihadapi. Oleh karenanya mempelajari manajemen dalam bisnis merupakan suatu hal yang bersifat fundamental dan urgen sebelum memulai usaha maupun saat sedang menjalankan suatu usaha/bisnis.



No comments:

Post a Comment